Selamat Datang

Di Pusat Laman Media

Pondok Pesantren Al-Qur'an Al- Amin Paburan

Purwokerto Utara - Banyumas

Jawa Tengah

Minggu, 23 Agustus 2020

MENGENAL GUS SYAVIQ MUQOFFI


Agus Syaviq Muqoffi al-Hafizh bin Abdul Wachid Badrussholeh bin Badrus Sholeh bin Arif merupakan putra menantu pertama dari K.H. Muhammad Mukti dan Ny.Hj. Permata Ulfah. Gus Syaviq (sapaan santri untuk beliau) lahir di Nganjuk, 23 Agustus 1987. Gus Syaviq merupakan putra dari pasangan K.H. Abdul Wachid Badrussholeh (Abah Wachid) dan Ny.Hj. Nur Abidah. Abah Wachid adalah pendiri sekaligus pengasuh Pondok Pesantren al-Khoiriyah yang terletak di Dusun Jati, Desa Katerban, Kecamatan Baron, Kabupaten Nganjuk. 

Selain mengadakan pendidikan non-formal (agama), seperti Taman Pendidikan Quran (TPQ) dan Madrasah Diniyah (MADIN), Pondok Pesantren al-Khoiriyah juga mengadakan pendidikan formal (umum), seperti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Seluruh lembaga pendidikan formal maupun non-formal tersebut berada dalam naungan Yayasan al-Khoiriyah Baron. 

Pada tahun 2013, Abah Wachid terpilih menjadi Wakil Bupati Nganjuk periode 2013-2018. Ketika masa jabatan Abah Wachid sebagai Wakil Bupati akan berakhir dalam hitungan kurang dari 6 bulan, Abah Wachid ditunjuk oleh Gubernur Jawa Timur saat itu untuk menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Nganjuk sampai berakhirnya periode kerja Bupati dan Wakil Bupati Nganjuk periode 2013-2018. 

Mengenal Gus Syaviq tidak lengkap bila hanya menampilkan sosok Abah Wachid, tanpa menampilkan sosok kakek dari Gus Syaviq sekaligus ayahanda dari Abah Wachid, yakni K.H. Badrus Sholeh. K.H. Badrus Sholeh merupakan putra dari pasangan Kyai Arif bin Kyai Hasan Alwi bin Pangeran Diponegoro dan Nyai Sukarsih/Sriatun binti Kyai Hasan Muhyi (pendiri Pesantren Kapurejo). 

Selain memiliki nasab yang mulia, K.H. Badrus Sholeh juga memiliki sanad yang bersambung kepada gurunya, yakni Hadratus Syaikh Muhammad Hasyim Asyari (Rais Akbar Nahdlatul Ulama). K.H. Badrus Sholeh adalah salah satu murid yang diamanahi oleh Hadratus Syaikh Muhammad Hasyim Asyari untuk membekali dan menggembleng para pejuang kemerdekaan (santri dan prajurit) sebelum berperang melawan penjajah Belanda. K.H. Badrus Sholeh dikenal sebagai sosok kyai yang tegas, hal tersebut terlihat dari sikap beliau yang tegas memperingatkan bahaya laten Partai Komunis Indonesia (PKI) dan memerangi para pengikutnya pada saat Indonesia ramai kasus PKI yang meresahkan masyarakat. K.H. Badrus Sholeh merupakan perintis sekaligus pendiri Pondok Pesantren al-Hikmah Purwoasri, Kediri. Seiring berjalannya waktu, Pondok Pesantren al-Hikmah berkembang menjadi 6 unit di bawah asuhan putra-putri dari K.H. Badrus Sholeh. Pondok Pesantren al-Hikmah (pondok induk) di bawah asuhan K.H. Zaimuddin Badrussholeh (Putra Sulung) dan K.H. Fathu Karim Badrussholeh (Putra Bungsu), Pondok Pesantren al-Khoiriyah di bawah asuhan K.H. Abdul Wachid Badrussholeh (Putra Kedua), Pondok Pesantren al-Badriyah di bawah pengawasan Ny.Hj. Lilik Nur Cholidah Badrussholeh (Putri Ketiga), Pondok Pesantren Tahfidhul Quran di bawah pengawasan K.H. Abdun Nashir Badrussholeh (Putra Keempat), Pondok Pesantren Ahmada di bawah pengawasan K.H. Ahmad Dain Arif Badrussholeh (Putra Kelima), Pondok Pesantren Roudhotul Quran di bawah asuhan K.H. Muhammad Yahya Badrussholeh (Putra Keenam), dan Pondok Pesantren al-Hikmah 2 di bawah asuhan K.H. Nasrul Islam Badrussholeh (Putra Ketujuh).

Setelah sekilas mengenal nasab dari Gus Syaviq, kini saatnya kita beranjak untuk mengenal perjalanan panjang kelimuan beliau. Perjalanan panjang keilmuan Gus Syaviq dimulai dari didikan Ayahanda beliau sendiri di Pondok pesantren al-Khoiriyah sekaligus Madrasah Ibtidaiyah (MI) al-Khoiriyah (lulus tahun 2001). 

Setelah mendapatkan gemblengan dari Ayahanda, Gus Syaviq kemudian melanjutkan pendidikan di Pondok Pesantren Madrasatul Quran sekaligus Madrasah Tsanawiyah (MTs) Madrasatul Quran Tebuireng, Jombang (lulus tahun 2004), ketika berada di Madrasatul Qur'an Tebuireng, Jombang beliau berhasil menyelesaikan hafalan qur'annya pertama kali langsung dibawah bimbingan Ust. Sya'rani Mu'thi, selain di Tebuireng beliau juga pernah menimba ilmu di Pondok Pesantren Riadlul Quran Mojokerto untuk menunjang keilmuan hafalannya. Setelah itu beliau sering melakukan tabarukan ilmu dan hafalan qur'an bersama para alim ulama diantaranya adalah KH. Hamim Abdul Qodir, (PP.Riadlul Quran Mojokerto), Ny.Hj. Barokah Nawawi (PP. Nurul Ummah),  KH. R. Hafidz Abdul Qodir, KH.R. Najib Abdul Qodir (Krapyak). Perjalanan keilmuan Gus Syaviq berlanjut di Pondok Pesantren al-Hikmah sekaligus Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) al-Hikmah Purwoasri Kediri (lulus 2007). 

 Setelah lama menimba ilmu di daerah Jawa Timur, Gus Syaviq memilih Yogyakarta sebagai pelabuhan selanjutnya dalam perjalanan panjang kelimuan beliau. Di Yogyakarta, Gus Syaviq memilih Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede, Pondok Pesantren al-Munawwir Krapyak, dan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN SUKA) Yogyakarta sebagai tempat menimba ilmu. Gus Syaviq tercatat telah resmi mendapat gelar Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I) dari jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), UIN SUKA pada tahun 2012, gelar Magister Pendidikan (M.Pd) dari Program Pascasarjana (PPs), Program Studi Pendidikan Islam dengan konsentrasi PBA, UIN SUKA pada tahun 2016, dan saat ini status Gus Syaviq adalah kandidat Doktor di PPs, Program Doktor dengan konsentrasi Studi al-Quran dan Hadits (SQH), UIN SUKA. Pada tahun 2015, Gus Syaviq menikah dengan Ning Siti Machmiyah (Ning Mia). Berdasarkan penuturan dari Gus Syaviq, keputusan untuk memilih Ning Mia merupakan hasil dari istikharah sang Ibunda. Kini, selain sibuk mendidik sang buah hati, Gus Qaff Muhammad Alnazeeh, Gus Syaviq juga sibuk membantu Abah Wachid dan Abah Mukti dalam mendidik santri-santri di Pondok Pesantren al-Khoiriyah dan Pondok Pesantren al-Quran al-Amin Pabuwaran.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 comments:

Posting Komentar

Contact Me

Cari Blog Ini

Link list

Mengenal Tokoh Ulama

Mengenal Sosok Mbah Kiai Abuya Dimyati

Alangkah ruginya kita apalagi kalangan kaum santri apabila tidak mengenal ulama ini. Ulama yang terkenal memiliki kharismatik dan namanya...

Pengikut

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Halaman

Adress/Street

Jalan H.R Boenyamin Gg Gunung Sumbing No 13. A Pabuaran Purwokerto Utara

Phone number

********

Website

www.alaminkominfo.blogspot.com