Selamat Datang

Di Pusat Laman Media

Pondok Pesantren Al-Qur'an Al- Amin Paburan

Purwokerto Utara - Banyumas

Jawa Tengah

Rabu, 20 Mei 2020

MENGENAL K.H. MUHAMMAD MUKTI

KH. MUHAMMAD IBNU MUKTI






Drs. K.H. Muhammad Mukti, M.Pd.I (Abah Mukti) merupakan pendiri sekaligus pengasuh Pondok Pesantren al-Qur’an al-Amin Pabuwaran, Purwokerto Utara, Banyumas. Beliau dikenal sebagai seorang Kyai yang tegas dalam mendidik santri-santrinya, teguh dalam prinsip agama, dan gigih dalam berdakwah. Selain itu, beliau juga dikenal sebagai pribadi yang sederhana dan dekat dengan masyarakat.

Abah Mukti merupakan putra ketiga dari Mbah Badri bin Mbah Dzikri bin Mbah Shaghirin bin Mbah Thayyib bin Mbah Ahmad ‘Arif bin Mbah Kyai Nur Iman. Dengan kata lain, Abah Mukti merupakan keturunan generasi keenam dari Kyai Nur Iman. Kyai Nur Iman yang diperkirakan lahir pada tahun 1720-an M merupakan seorang pangeran yang kemudian menjadi Ulama sekaligus pendiri dusun Mlangi, Yogyakarta. Kyai Nur Iman adalah salah satu Kyai yang memiliki andil besar dalam persebaran dakwah Islam pada masa-masa Kerajaan Mataram Islam. Buah perjuangan dakwah Kyai Nur Iman yang dapat dirasakan hingga saat ini adalah berdirinya 17 pondok pesantren di Mlangi yang menjadikan dusun Mlangi menjadi salah satu pusat pondok pesantren di Yogyakarta.


Abah bersama K.H Murtadlo Dimyati



Abah Mukti yang lahir pada 10 Syawal 1375 H (21 Mei 1956 M), tumbuh dan besar dalam lingkungan kampung pesantren di Mlangi. Hal tersebut berdampak positif bagi proses pendidikan Abah yang dikemudian hari dikenal sebagai seorang juru dakwah sebagaimana pendahulu beliau, Kyai Nur Iman. Selain belajar kepada guru-guru yang ada di Mlangi, Abah juga berguru kepada Ulama kharismatik asal Banten, Abuya K.H. Muhammad Dimyathi bin Muhammad Amin al-Bantani. Semasa hidupnya, Abuya Dimyathi dikenal sebagai gurunya para guru dan kyainya para kyai.

Abah dan Ibu Nyai Pemata Ulfah




Abah Mukti tidak hanya sebatas menimba pendidikan non-formal di bidang agama saja, namun juga menimba pendidikan formal hingga memperoleh gelar Sarjana di Universitas Gadjah Mada, serta gelar Magister Pendidikan Islam. 
Abah kemudian menikah dengan seorang perempuan yang juga luar biasa dalam mendampingi kehidupan seorang juru dakwah, beliau adalah Dra. Permata Ulfah, M.Si., Ak. (Ibu). Singkat cerita, Abah dan Ibu memilih untuk hijrah dan menetap di Pabuwaran, Purwokerto. Hingga saat ini (Ramadhan 1441 H), Abah dan Ibu memiliki 5 putra, 2 putra menantu, dan 1 cucu. Putri pertama beliau, Ning Siti Machmiyah menikah dengan Gus Syaviq Muqoffi pada tahun 2015 dan telah dikaruniai seorang putra yang bernama Qaf Muhammad al-Nazeeh. Putra kedua beliau, Gus Muhammad Muzakka Anbaby telah menikah dengan Ning Soli Solihat pada tahun 2020. Putra ketiga beliau, Gus Cholil Rahman kini menjadi dosen di Institut Agama Islam Negeri Purwokerto. Putra keempat beliau, Gus Muhammad Fajrul Mujtaba sedang menimba ilmu di Pondok Pesantren Roudlotul Ulum Cidahu, Banten asuhan Abuya K.H. Ahmad Muhtadi bin K.H. Muhammad Dimyathi al-Bantani. Dan putra kelima beliau, Gus Muhammad Arsyad Noor sedang menimba ilmu di Pondok Pesantren al-Munawwir Krapyak, Yogyakarta asuhan K.H.R. Muhammad Najib Abdul Qadir al-Hafidz.

Keluarga Ndalem di Hari Raya Idhul Fitri 1440 H


Abah bersama K.H Maimun Zubair
Keluarga Ndalem lengkap





Abah & Ibu bersama keluarga Gus Anam


eberapa tahun belakangan ini, Abah Mukti sangat dekat dengan K.H. Zuhrul Anam Hisyam (Gus Anam), Pengasuh Pondok Pesantren at-Taujieh al-Islamy 2 Leler, Banyumas. Meskipun usia Abah lebih sepuh, tetapi Abah sangat menghormati Gus Anam. Kedekatan Abah dengan Gus Anam, menghantarkan Abah pada kesempatan untuk mendampingi Ulama kharismatik yang merupakan morosepuh dari Gus Anam, yakni K.H. Maimoen Zubair untuk menunaikan ibadah haji pada tahun 2017.
Kini, di usia yang tidak lagi muda, Abah Mukti dengan sabar mengasuh dan mendidik santri-santrinya yang terbagi di tiga tempat, yakni Pondok Pesantren al-Qur’an al-Amin Pabuwaran (Purwokerto Utara, Banyumas), Pondok Pesantren al-Qur’an al-Amin Prompong (Baturraden, Banyumas), dan Pondok Pesantren al-Qur’an al-Amin Purwanegara (Purwokerto Utara, Banyumas).

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 comments:

Posting Komentar

Contact Me

Cari Blog Ini

Link list

Mengenal Tokoh Ulama

Mengenal Sosok Mbah Kiai Abuya Dimyati

Alangkah ruginya kita apalagi kalangan kaum santri apabila tidak mengenal ulama ini. Ulama yang terkenal memiliki kharismatik dan namanya...

Pengikut

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Halaman

Adress/Street

Jalan H.R Boenyamin Gg Gunung Sumbing No 13. A Pabuaran Purwokerto Utara

Phone number

********

Website

www.alaminkominfo.blogspot.com