Selamat Datang

Di Pusat Laman Media

Pondok Pesantren Al-Qur'an Al- Amin Paburan

Purwokerto Utara - Banyumas

Jawa Tengah

Sabtu, 25 Januari 2020

KESEHATAN TERJAGA, NGAOS TERLAKSANA


( Menjaga kesehatan di Pondok Pesantren)


//


Manusia tidak akan pernah lepas dari kegiatan yang mengharuskan pergerakan, tenaga dan juga fisik. Selama 24 jam, manusia tentunya membutuhkan keadaan yang sehat, bugar, dan baik secara emosional untuk melakukan aktivitasnya sehari-hari.


APA SI ITU SEHAT????

Sehat merupakan keadaan dimana seseorang terhindari dari berbagai jenis penyakit. Baik penyakit jasmani maupun rohani, ciri  sehat juga dapat didiagnosa ketika seseorang itu tidak mengalami setres atau depresi yang akan menghambat kinerja dalam melakukan aktivitasnya.

Dengan keadaan yang sehat tentunya akan sangat mempermudah untuk memaksimalkan aktivitas kita. Bisa dibayangkan bukan, kalau kita sakit? Tentunya banyak aktivitas yang akan terbengkalai, dan jadi tidak maksimal bukan? maka dari itu teman-teman, sebagai seorang santri tentunya kita harus paham, bagaimana cara kita agar  bisa menjaga kesehatan dilingkungan pondok yang notabennya memiliki banyak kegiatan secara bersama-sama dengan jumlah orang yang tidak sedikit.


Hmmmm... kira-kira bagaimana ya tips untuk para santri dalam menjaga kesehatan di lingkungan pondok?

Sebelumnya, kita pasti tau dong penyakitnya anak pondok. Penyakit kulit? Maag? Tipes? Emm atau lambung? Bisa kalian pikirkan sendiri deh.


 Jadi gimana yaa cara menjaga kesehatan kita sebagai anak pondok ditengah keadaan pondok pesantren yang segalanya serba 'bareng-bareng'

Tim blogger kominfo punya tips nih,
Simak deeeh

Cusss langsung meluncur dong.....



1. Meningkatkan  nilai gizi pada makanan kita

Pasti dipikiran yang baca gini

'Santri ya maem seanane'

iyaiya tau kok..
Tapi pernah denger dawuhnya abah mukti enggak teman pas di pengajian?

"Sekali-kali maem ya sg bergizi! Aja jelantah lenga dienggo kuah"

Laah itu kuncinya, Abah sering kok negur kita pas Ngaos. Bergizi enggak harus wah kok teman teman, tempe? Tahu? Ikan asin? Sayur ijo-ijo? Waah udah lengkap banget tuh kandungannya. Kalau gak percaya browsing deh.


2. Jangan Menunda makan

Hayoo kebiasaan siapa yang kalau makan harus disuruh dulu? Hemm.
Teman-teman, makan itu kebutuhan kita. Salah satu sumber energi kita. Bisa dipastikan tuh kalau sering nunda makan jatuhnya ke apa? Ke lambung kan? Kasihan dong. Bahkan abah pun pernah ngendika kan sama kita.

"Dalam keadaan malampun, kalau lapar bisa ke ndalem" hehe itu perumpaan sebenarnya guys. mkstnya abah, jangan sampai kita nunda makan. Karena itu gak baik untuk kesehatan kita terutama pada lambung kita.


3. Sering menghirup udara yang segar dan berolahraga ( no mager mager club )

Rebahan? Emm apa yang terlintas di benak kalian? Enak? Nyaman? Pokoknya kenilmatan ya? Boleh si boleh..
Tapi harus seimbang dong sama gerak kita. Harus tetep rajin olahraga, senam kecil-kecilan, lari pagi, dan juga selalu membersihkan ventilasi agar udara yang masuk ke kamar kita menjadi segar.


4. Selalu rajin roan ( heheh )

Kalau 3 tadi adalah pola hidup, ini adalah kewajiban kita bersama teman-teman. Pondok pesantren adalah rumah. Dan sebagai penghuni yang merasa memilikinya tentu wajin menjaga kebersihan lingkungan pondok.
Menguras bak mandi seminggu sekali, tidak membiarkan sampah menumpuk, mengangkat jemuran yang sudah kering, sering membersihkan kamar mandi, dan menjaga kebersihan saluran air. Semua berawal dari kita dan untuk kita teman-teman.

Coba bayangkan kalau kita tidak peduli dengan kebersihan pondok? Banyak sampah, bak mandi kotor, yang semuanya adalah sarang penyakit.

Memang, penyakit datangnya dari Allah. Tapi tugas kita kan mengabdi pada Allah, secara sederhana , dengan menjaga kebesihan lingkungan, yang tentunya memberikan rasa nyaman pada orang lain akan menjadi salah satu benguk pengabdian kita pada Allah. Gimana?? Setuju enggak?





Okeee... setelah banyaknya tulisam diatas, semoga bisa diendahkan, dipahami dan dilaksanakan ya teman-teman. Dan jangan lupa selalu jaga kesehatan kita, karena musim juga sedang tidak menentu. Tidak lupa, doakan teman-teman kita juga yang sakit, semoga segera diberi kesembuhan dan bisa berkumpul bersama kita lagi.


Kesehatan terjaga, ngaos terlaksana..







(..... untuk minggu depan akan ada artikel tentang, manfaat kegiatan di pondok nih. Mengantri? Bersosialisasi? Ternyata berpengaruh baik untul kesehatan mental kita loh.. Penasaran?? Tunggu di blog al amin kominfo )





Salam.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

3 comments:

  1. Kebersihan sebagian dari iman gaessss. Hidup ROANNNNNN
    no MALES MALES CLUBBBBB

    BalasHapus
  2. Dan juga kita jangan bosan2 untuk saling mengingatkan teman teman kita untuk menjaga kesehatan bersama2. Mungkin dengan ini bisa memotivasi mereka untuk lebih menjaga kesehatan tubuh dan lingkungan sekitarnya. Jangan sampai masa bodo sama teman sendiri.
    Sukses terus kominfo al amin semoga semakin THE BEST jadi informan kita semua.

    BalasHapus
  3. Karena sehat itu mahal harganya, kalau bukan kita yg peduli dg diri sendiri mau siapa lagi.😁
    Sukses Terus Kominfo Al amin di tunggu karya karya berikutnya

    BalasHapus

Contact Me

Cari Blog Ini

Link list

Mengenal Tokoh Ulama

Mengenal Sosok Mbah Kiai Abuya Dimyati

Alangkah ruginya kita apalagi kalangan kaum santri apabila tidak mengenal ulama ini. Ulama yang terkenal memiliki kharismatik dan namanya...

Pengikut

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Halaman

Adress/Street

Jalan H.R Boenyamin Gg Gunung Sumbing No 13. A Pabuaran Purwokerto Utara

Phone number

********

Website

www.alaminkominfo.blogspot.com