Selamat Datang

Di Pusat Laman Media

Pondok Pesantren Al-Qur'an Al- Amin Paburan

Purwokerto Utara - Banyumas

Jawa Tengah

Rabu, 12 Februari 2020

UJIAN TENGAH SEMESTER PPQ AL-AMIN PURWANEGARA


Pada tanggal 31 Januari-6 Februari 2020 kemarin PPQ Al- Amin Purwanegara (cabang) mengadakan UTS  pondok. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan evaluasi hasil belajar selama madin (madrasah diniyah).
Tujuan diadakannya UTS ini sendiri adalah untuk mengukur sejauh mana pengetahuan para santri Ppq. Al- Amin mempelajari kitab-kitab dipondok selama madin. Ini merupakan proker dari Departemen Pengajian untuk seluruh kelas, yaitu kelas madin 1, 2, dan 3. Mengingat UTS ini diadakan pertama kali di PPQ Al- Amin Purwanegara, jadi persiapan dari departemen pengajian pun cukup baik bagi kami walaupun sedikit ada kekurangan.

Alfi Nur Rohmah, selaku CO Departemen Pengajian menuturkan bahwa UTS yang diadakan di PPQ Al Amin bertujuan untuk mengukur sejauh mana kemampuan belajar para santri dalam memahami kitab-kitab yang telah dipelajari dikelas madin.
“ Berhubung UTS sendiri diadakan dari 1 januari sampai dengan 6 Februari 2020 ada beberapa yang kami ( dep. pengajian ) ujikan ( kitab ) alhamdulillah UTS terlaksana dengan lancar. Disamping itu UTS yang paling menarik yaitu pertama, saat UTS kelas tiga.
Melihat UTS sampai pukul 00.00, kitab Ta’lim Muta’alim yang diampu sekaligus diawasi oleh Gus Aam sendiri. UTS menerapkan mekanisme yang menarik yaitu; UTS dilaksanakan secara tertulis dan lisan bahkan itupun hanya diberi waktu yang terbatas untuk menjawab tiap-tiap soal, ujian lisan santri dipeintah untuk membaca kitab gundul serta menjelaskan, setelah itu terdapat juga tanya jawab mengenai  materi-materi yang telah dipelajari dalam kitab Ta’lim Muta’alim. Kedua, ada tawar menawar para santri pada saat ujian lisan karna kitab masih ada yang bolong-bolong”. Menurutnya.
Disamping terlaksananya UTS selama satu minggu, ada beberapa kendala. Diantaranya  adalah seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa UTS ini adalah UTS pertama kalinya yang dilaksanakan di Ppq. Al Amin Purwanegara, ditambah lagi ini diadakan oleh departemen pengajian dari kepengurusan baru, tentu sangat membutuhkan banyak pertimbangan dan persiapan. Selain itu juga lumayan banyak santri yang tidak mengikuti UTS dikarenakan sakit, jadi diadakanlah lagi ujian susulan selama tiga hari yaitu pada tanggal 9-11 Januari.


Diadakannya UTS kali ini di PPQ Al Amin Purwanegara alhamdulillah para santri putra dan santri putri merespon dengan baik.
Dengan diadakannya UTS yang pertama kali di PPQ Al Amin Purwanegara ini adalah dengan harapan semoga para santri semakin giat lagi dalam mencari ilmu agama dengan niat semata-mata hanya untuk mengharap ridho Allah SWT, tidak bosan-bosan untuk sering mutholaah, dan kedepannya agar dapat menerapkan ilmunya dimasyarakat dengan ilmu-ilmu yang sudah didapat di pondok, semakin menambah kecintaan pada agama islam, tabaruk dan tabah menghadapi persoalan-persoalan.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

1 comments:

Contact Me

Cari Blog Ini

Link list

Mengenal Tokoh Ulama

Mengenal Sosok Mbah Kiai Abuya Dimyati

Alangkah ruginya kita apalagi kalangan kaum santri apabila tidak mengenal ulama ini. Ulama yang terkenal memiliki kharismatik dan namanya...

Pengikut

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Halaman

Adress/Street

Jalan H.R Boenyamin Gg Gunung Sumbing No 13. A Pabuaran Purwokerto Utara

Phone number

********

Website

www.alaminkominfo.blogspot.com